Pengikut

Rabu, 30 Januari 2019

Fenomena Jangkrik dan Belalang di Mekkah Madinah



                              Detik.com

Perjalanan umroh kami kali ini berada di musim dingin, sebenarnya bagi saya ini kali kedua berada di sini saat musim dingin, terutama di Madinah, dibanding musim haji 2006 saat saya dan suami melaksanakan ibadah haji, dingin kali ini belum terlalu ekstrim.

Saat kami mengucapkan niat umroh, di mobil mutawif mengingatkan untuk berhati-hati agar jangan sampai membunuh binatang terutama jangkrik dan belalang yang sedang banyak disekitar masjidil haram, dalam benak saya seberapa banyak jangkrik yang ada?

Setelah tiba di sana karena sudah lumayan malam, dan suasana ramai, jadi belum terlihat banyak jangkrik yang beterbangan, atau mungkin karena fokus pada ibadah umroh, tapi yang membuat ada rasa aneh karena pemandangan kali ini entah dari mana dan bagaimana diseputar masjid jika malam tiba banyak jangkrik yang besar dan gemuk serta belalang yang hijau besar terbang dan hinggap di lantai atau dinding, bahkan di mukena kita.




Sepengetahuan saya jakrik dan belalang bisa hidup jika banyak tanaman disekitarnya, sedang mekah madinah berada di gurun pasir dan gunung bebatuan. Tapi tentu tidak ada yang tak mungkin jika Allah berkehendak kun fa ya kun jadi lah maka terjadilah semuanya. Jadi tidak perlu berspekulasi terhadap fenomena alam yang terjadi, sebagai manusia kita memang berkewajiban untuk mempelajari dan membaca kejadian ini.

Lagi pula jangkrik dan belalang adalah binatang yang juga dapat dipelihara atau istilahnya di tangkar, yang konon katanya untuk pakanan ikan,  banyak penangkaran yang  dibuat oleh masyarakat sekitar Arab, oleh sebab itu daei beverapa artikel yang dibaca, penangkaran banyak yang rusak hingga jangkrik-jangkrik tersebut terlepas dan secara bergerombol mencari tempat untuk dijadikan sarang mungkin. Wallahu a'lam.

Dari berbagai fenomena alam yang kita rasakan dan kita lihat tentunya banyak hikmah yang bisa kita petik, karena Allah memang menerintahkan kita untuk selale membaca, memperhatikan bahkan menjaga ekosistem alam ini  agar tidak rusak dan menimbulkan kemudhorotan yang mungkin tidak kita ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar