Pengikut

Rabu, 30 Januari 2019

Buah Cempedak Teman Cemilan di Sore Hari


Dimusim buah sekarang ini, bermacam buah-buahan dijual pedagang ditepi jalan, kadang-kadang terasa bingung ingin makan yang mana, hingga anak-anak di rumah juga sudah tidak pernah menyebut buah apa yang akan mereka makan, salah satu buah kampung yang dijual adalah cempedak walau kami jarang membeli karena sering diberi oleh tetangga atau kerabat yang memiliki tanaman ini.

Cempedak adalah salah satu jenis  buah yang sekarang juga sedang banyak di daerah ku, buah dengan aroma  dan rasa yang khas,  bentuknya mirip nangka termasuk isi dalamnya juga mirip nangka tapi berbeda, jika nangka bisa dibikin sayur, cempedak hanya biji dalamnya yang dibuat lauk seperti sayur atau sambal goreng. Karena tekstur dagingnya lebih lembut dan lunak dibanding nangka. Jika nangka daging buahnya bisa diiris untuk campuran es buah misalnya, cempedak tentu tidak bisa, karena lebih lembek.

Cempedak buah yang bisa dimakan langsung dan juga bisa dibuat gorengan terdiri dari daging dan buahnya dicampur tepung dan sedikit gula, bijinya bisa direbus campur sedikit garam langsung dimakan untuk cemilan saat santai. Biji cempedak sangat gurih dan lemak, hingga memang nikmat jika sudah direbus lalu di makan menemani kopi atau teh.

Salah satu caranya agar lebih gurih yang biasa kami lakukan, biji cempedak dilepas dari dagingnya dicuci bersih lalu direndam kurang lebih satu harian, setelah itu dibersihkan kembali setelah dirasa bersih rebus hingga mendidih diberi garam sedikit untuk menambah rasa, dirasa cukup lalu angkat tiriskan siap di makan menemani santai kita.

Jika ingin dibuat sambal goreng, rebus biji terlebih dahulu lalu tiriskan hibgga lumayan hilang kandungan airnya, tumbuk tidak terlalu halus, oseng cabe kering yang sudah dihaluskan, bawang merah, bawang putih terasi dan sedikit ikan teri. Setelah tercium aroma harum, masukkan tumbukan biji cempedak campur hingga merata beri garam dan gula pasir secukupnya, jika dirasa sudah pas angkat sajikan, enak untuk menemani lauk pauk makan siang kalian.

Dari beberapa artikel yang saya baca cempedak memiliki kandungan vitamin A dan C, Enzim hingga bermanfaat untuk tubuh. Hanya saja terkadang ada sebagian orang yang jika makan cempedak mudah masuk angin ternyata buah cempedak mengandung  ascobic Acid disarankan  tidak dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan karena dapat membuat gas di dalam lambung, khususnya untuk penderita sakit maagh, buah ini dapat memicu penyakit tersebut kumat.

Jadi dears untuk yang punya penyakit magh makan buah apapun boleh-boleh saja tapi tentu jangan berlebih- lebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar