Pengikut

Rabu, 07 November 2018

Senangnya Menjadi Guru Karena 5 Hal ini Yang Selalu Dirasa



Kalau bercerita tentang suka duka menjadi seorang guru dears, mungkin tidak akan cukup 1000 kata, karena banyak hal yang dialami, dijalani dan dirasakan. Menjadi guru bukan hanya sekedar mengajar tapi mendidik dan mengasuh anak-anak titipan orang tuanya. Dengan tipe yang bermacam-macam,  dengan latar belakang kehidupan keluarga yang berbeda-beda, justru menjadi sensasi dan tantangan tersendiri ketika menjadi seorang guru. Saya hanya ingin sedikit berbagi apa yang membuat saya betah dan senang menjadi guru walau honorer hampir 16 tahun, karena 5 hal ini yang selalu saya rasakan.

1. Selalu merasa sehat

Berhadapan dengan berbagai pola tingkah anak-anak membuat tubuh ini justru merasa ingin selalu sehat, motivasi jika meninggalkan mereka ada rasa tidak nyaman, tidak tega sehingga selalu harus merasa sehat. Mondar mandir mengajar dari satu kelas ke kelas yang lain, mengeluarkan suara lumayan nyaring agar mereka tidak ngantuk, membuat metode dan tekhnik  agar mereka bisa fokus membutuhkan pikiran dan tubuh yang sehat. Karena pikiran sehat insya Allah tubuh pun selalu sehat.

2. Selalu merasa muda

Karena setiap hari berhadapan dengan anak-anak, perasaan selalu berusia seperti usia mereka,  setidaknya merasa muda semangatnya agar mereka pun juga selalu semangat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Aura muda anak-anak seperti memancar juga pada kita sehingga selalu merasa segar, fress dan awet muda.

3 Selalu merasa bahagia

Setiap hari melihat anak anak tertawa ceria, membuat hati ikut juga bahagia, melihat mereka antusias belajar, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Rasa bahagia bangga setiap melihat keberhasilan mereka melalui proses pendidikan dengan baik. Apalagi jika mengetahui mereka berhasil sesuai dengan cita-cita yang mereka harapkan, bahagianya tidak terungkap dengan kata-kata

4. Selalu merasa pintar

Setiap menyampaikan materi, mencari metode,  harus menguasai semuanya dengan baik. Karena kalau tidak pintar tentu tidak bisa menemukan dan menjawab persoalan yang dihadapi anak-anak. Karena mereka selalu terus maju, jadi guru tidak bisa tertinggal dari pengetahuan mereka.

5. Selalu merasa kaya

Mungkin ini berkah, besar kecil kompensasi atau honor yang diterima selama menjadi guru tidak membuat diri miskin dan merasa miskin, setidaknya merasa kaya bukanlah sekedar kaya harta, tapi kaya anak dan kaya ilmu pengetahuan.

Semoga keberkahan selalu menyertai kita para guru. SEMANGAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar