Pengikut

Senin, 28 Januari 2019

Upacara Bendera Setiap Hari Senin. Pembelajaran Apa Yang Ingin Diberikan?



Setiap senin di setiap sekolah selalu dilaksanakan upacara bendera dengan petugas yang sudah ditentukan oleh sekolah. Dari pembina upacara, pemimpin, pleton, MC, pembaca UUD 1945, pembacaan ikrar santri ( khusus disekolahku), pembacaan doa, penggerek bendera, penyanyi lagu Indonesia raya, dirjen.

Sebenarnya mengapa hampir setiap sekolah di hari senin melaksanakn upacara? Menurut saya ada beberapaa pembelajaran yang ingin diberikan kepada siswa siswi, bukan hanya sekedar seremonial belaka. Mari kita lihat 5 hal yang ingin kita latih pada siswa siswi

1. Memupuk Rasa Nasionalisme

Memupuk rasa cinta tanah air kepada anak-anak adalah sesuatu yang harus kita lakukan sejak dini, mereka mencintai da menghormati negaranya dimulai dari menghormati guru, mengheningkan cipta, menyanyikan lagu indonesia raya membaca teks pancasila itu adalah bagian dari usaha membangkitkan rasa cinta tanah air yang haeus ditumbuhkan dalam jiwa anak-anak.

2. Melatih Kedisiplinan

Dengan upacara ini, adalah usaha sekolah untuk mengajarkan kepada anak-anak untuk disipilin, bagi petugas upacara mereka harus mengikuti semua aturan upacara, disiplin waktu, disiplin pakaian, disiplin baris berbaris. Karena jika tidak dilatih untuk 

3. Melatih Rasa Tanggung Jawab

Tugas yang diberikan kepada anak-anak akan melatih rasa tanggung jawab agar mereka bisa melaksanakan dengan sebaik-baiknya. Mereka akan berlatih agar tidak terjadi kesalahan saat upacara. Ini adalah bagian dari  proses yang harus dilalui.

4. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Setiap siswa diberi kesempatan secara bergilir untuk tampil memimpin upacara. Sebagai pemimpin upacara, mereka dituntut untuk mampu tampil memimpin upacara, mereka dituntut mampu memberikan aba-aba tertentu.

5. Membangun Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri akan terlatih ketika mereka sudah berani tampil menjalankan tugasnya masing-masing.  Sebagian siswa masih mengalami demam panggung ketika harus tampil memimpin untuk pertama kali, namun sikap grogi tersebut akan hilang saat mendapat giliran untuk yang kedua kali dan seterusnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar