Pengikut

Rabu, 30 Januari 2019

Mesir Negara Yang Menyimpan Banyak Sejarah


Merasa beruntung pernah menginjakkan kaki ke negara ini, negara yang menyimpan banyak sejarah. Merasa beruntung karena berangkat kesana gratis bersama 33 guru se Indonesia, berawal dari tawaran untuk mengikuti tes danbakgirnya dinyatakan lolos dan berangkat ke Mesir. Mimpi yang menjadi kenyataan, dapat menginjakkan kaki ke negara yang terkenal dengan Univesitas Al-Azhar.

Sebelum berangkat ke sana saya dan teman-teman di beri pendidikan selama satu bulan di Jakarta untuk mempersiapkan diri, dibimbing oleh para dosen dari UIN Jakarta kami mengikuti berbagai kegiatan yang sangat padat hingga malam hari dan istirahat setiap hari Minggu,  setelah menyekesaikan diklat  tiba saatnya untuk berangkat menuju negara dimana  terdapat satu keajaiban dunia dan sungai terpanjang di dunia.

Berangkat dan tiba di Mesir kurang lebih 10 jam sempat transit di Bahrain 1 Jam, tiba di Mesir kami langsung menuju hotel yang lokasinya sangat dekat dengan piramida pemandangan yang sangat indah walau ditengah hamparan gurun pasir.

Walau tujuan utama ke sana adalah untuk belajar tapi tentu kami berkesempatan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada walau tidak semue dapat tertulis di sini.

1. Museum Mumi Fir'aun

Masuk ke museum kami sudah diingatkan untuk tidak membawa kamera, kamera hanya diperbolehkan di posisi luar. Ta'jub dan bersyukur karena berkesempatan melihat dan menyaksikan satu kekuasan Allah yaitu mumi firaun yang bersejarah dan menjadi pembelajaran untuk kehidupan kita.

2. Piramida

Sebagai satu dari keajaiban dunia, kami berkesempatan untuk mengunjunginya ada 3 piramida yang berdiri kokoh secara berdekatan. Bongkahan batu yang ada membuat kami membayangkan betapa banyak  manusia yang dipaksa bekerja untuk membangun piramid ini

3. Sungai Nil

Berjalan ke sungai Nil dan menikmati pemandangan sekelilingnya menggunakan motor air yang memang digunakan untuk wisata. Kami memilih motor yang sederhana tanpa penari, karena memang ada motor air wisata yang menyediakan taeian perut yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Subhanallah sungguh nikmat yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

4. Makam Imam Safi'i

Saya bersyukur karena berkesempatan untuk ziarah ke makam salah satu imam dari 4 imam mazhab yang kita ikuti dan pelajari yaitu Imam Syafi'i. Berada diwilayah yang sederhana tapi tetap terjaga dengan baik hingga mudah untuk di kunjungi.

5. Perpustakaan dan Benteng Iskandaria

Melakukan perjalanan yang lumayan jauh dari kota kairo ke iskandaria, tapi saya berusaha untuk tidak tidur demi menikmati pemandangan sekeliling yang kami lewati. Selain pohon dan kebun kurma, ada kebun pisang yang menakjubkan. Pohon yang rendah tapi buah yang menjuntai besar benar- benar membuat saya heran karena berada di gurun pasir. Tiba disana kami langsung di ajak untuk menuju benteng masuk wakau saya tidak naik, menikmati laut merah yang berada dekat benteng dan lanjut ke perpustakaan terbesat yang saat itu belum selesai renovasi. Perpustakaan yang juga dilengkapi tempat berolah raga, dan berbentuk yang lumayan unik.

Banyak sekali pembelajaran dan kenangan yang didapat disana, semoga suatu saat bisa kembali lagi berkunjung.

Makam imam syafi'i
Kegiatan di Mesir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar