Pengikut

Jumat, 18 Januari 2019

Sayur Batang Keladi Pilihan Lauk Yang Bikin Gagal Diet


Karena baru pulang umroh rasanya rindu ingin makan sayur keladi, jadi hari ini kita bahas sayur keladi ya dears, walau saya tidak terlalu pandai masak tapi setidaknya sedikit tau meramu bumbu untuk masak sayur keladi.

Pernah makan keladi, Dears? Pasti pernah kan? Namun yang sering dimakan itu biji atau umbinya nya yang dibuat menjadi kue, keripik atau di masak santan alias di kolak. Tapi jika batang dan buahnya serta akar atau sulurnya dijadikan sayuran dimasak untuk dijadikan hidangan makan mungkin masih ada yang belum pernah makan kan, Dears, mungkin  juga karena faktor getah yang dapat membuat gatal tangan dan tenggorokan, jika tidak pandai memilih dan  mengolahnya, hingga banyak yang tidak tau lezatnya sayur keladi apalagi dicampur tengkuyung. Sruf sruf masuk mulut susah berhenti.

Memang Dears, pohon keladi banyak getahnya yang bisa membuat gatal kulit dan menghitam jika memegangnya tanpa perantara seperti plastik, kain atau lainnya, tapi kulit orang tua-tua dikampung yang sudah biasa memegangnya tidak terasa lagi gatalnya. Tak hanya umbinya saja, hampir seluruh bagian pohon keladi mengandung getah.

Supaya sayur keladi enak rasanya dan tidak membuat gatal kerongkongan, maka perlu melakukan dua tahapan dalam memasak batang keladi. Pertama, kupas batang dari kulit luarnya, jangan terlalu tebal karena bisa habis seluruh batang keladi. Kedua, potong-potong dan rebuslah hingga getah keluar dari batang keladi dan tercampur dengan air. Tiriskan batang keladi dan buang air rebusannya.

Kalau di rumah saya sayur keladi dimasak campur tengkuyung atau hanya sekedar ditambah ikan teri atau udang, bisa dimasak menggunakan santan atau hanya diberi bumbu  lada hitam atau bumbu asam pedas.

Bahan utama sesuai selera
1. Batang keladi atau akar atau sulur ditambah biji sedikit
2. Bawang merah
3. Bawang putih
4. Lada hitam (jika tidak pakai santan)
5. Kemiri ( jika bersantan)
6. jahe
7. kunyit ( jika bersantan)
8. Cabe kering
9. asam jawa ( jika sayur asam pedas)
10. Santan
11. Air
12. Garam
13. Belacan
14. Penyedap

Bahan tambahannya
Bisa teri, udang, tengkuyung, daun kunyit, daun kesum (khas kalbar), daun salam

Cara membuatnya
Haluskan semua bumbu, tumis hingga harum. Rebus keladi buang air pertama. Rebus air/ santan masukkan bahan tambahan ( teri, udang atau tengkuying) jika dirasa sudah masak lalu masukkan keladi yang sudah direbus , lalu daun kunyit, daun kesum lanjut masukkan bumbu. Jika dirasa sudah pas garam dan lainnya anggkat masukkan dalam mangkok. Makan ketika masuh hangat menemani makan siang anda.
Bisa juga dengan langsung tumis bumbu, masukkan sulur( akar) keladi, campur irisan cabe merah, ikan teri dan daun kunyit yang diiris halus, angkat masukkan wadahnya, siap menemani makan siang.



Maaf jika belum maksimal teknik memasaknya, harap maklum lebih sering langsung masak dari pada bikin sendiri,  selamat mencoba😍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar