Pengikut

Kamis, 17 Januari 2019

Perjalanan Umroh Muhlis Familiy Hari ke-4

Ziarah, Umroh Ketiga Miqot Hudaibiyah dan Malam Terakhir di Mekkah.

Hari ini diawali dengan sholat tahajjud,  subuh berjamaah lanjut sarapan pagi dan siap-siap melakukan umroh ke 3 dengan mengambil miqot di Hudaibiyah serta paket ziarah ke peternakan onta dan museum ka'bah.

Seperti hari sebelumnya kami berkumpul di lobby jam 7.30 pagi setelah sarapan. Hari ini Alhamdulillah sudah siap semua tepat waktu, dan mobil tiba jam 8.00 naik mobil dan bersiap untuk berangkat.
Perjalanan dimulai dengan membaca doa bersama dan mutawif menjelaskam tentang tempat ziarah yang akan kita kunjungi mulai dari peternakan onta, khasiat susu onta, hati onta, daging onta bahkan yang anehnya kencing onta juga dijual, saya terus terang belum bisa meminum susu onta. hehe. Kami tiba dipeternakan onta, ternyata sudah ramai dari rombongan lain, setelah puas foto-foto dan jama'ah  ada yang membeli susu onta, hati onta dan lain-lain, suami saya beli susu onta untuk cuci muka ada-ada saja.

Setelah dari peternakan onta lanjut ke Hudaibiyah untuk mengambil miqot bagi yang akan menunaikan umroh ke-3. Tidak banyak yang berubah suasana masjid Hudaibiyah hanya sedikit perluasan halaman. Setelah berwudhu, lanjut sholat 2 rakaat tahiyatul masjid dan 2 rakaat sholat sunnah umroh, kami kembali ke mobil untuk lanjut ke tempat kunjungan terakhir yaitu museum Ka'bah.

Di sana jama'ah bisa melihat peninggalan sejarah ka'bah tempo dulu, mulai dari gambar kedalaman  sumur zamzam, pembuatan kiswah Ka'bah, pintu Ka'bah dan lain-lain. Masuk museum Ka'bah ini harus izin, Dears, dan ada waktu tertentu untuk bisa berkunjung ke sana dan Alhamdulillah rombongan kami mendapat izin hari rabu tepat jam 10.30, hanya diberi waktu 25 menit disana dan setelah itu kami kembali ke mobil dan langsung menuju ke hotel. Tiba di hotel jam 11.00 masuk kamar sejenak untuk berwudhu dan lanjut menuju masjid untuk melaksanakan umroh ke-3.
Seperti sebelumnya kami melaksanakan tawaf hanya kali ini waktunya sedikit ekstrim mendekati waktu sholat dzuhur hingga sangat ramai jamaah yang melaksanakan tawaf baik tawaf umroh atau tawaf sunnah, hingga lumayan berdesakan,  belum lagi matahari yang tepat di tengah hingga cukup membuat mata sedikit mengecil, tapi syukurnya dears cuaca lumayan dingin hingga terik matahari tertutupi dengan rasa dingin yang dirasa ditubuh. Setelah tawaf kami menepi dan sholat 2 rakaat lanjut berdoa sesuai dengan keinginan masing-masing. Setelah itu kami lanjut ke tempat sa'i untuk mekaksanakan sa'i diawali dengan berdoa diatas bukit shafa menghadap ke ka'bah, mulai perjalanan sa'i, azan dzuhur berkumandang ketika kami belum meyelesaikan putaran sa'i dan tepat diputaran ke 6 qomat berbunyi dan kami melaksanakan sholat dzuhur terlebih dahulu. Setelah sholat dzuhur, sholat sunah ba'diyah dzuhur dan sholat jenazah, kami menyelesaikan putaran terakhir sa'i menuju bukit Marwa.

Selesai ibadah umroh dengan doa dan tahallul selanjutnya kami kembali ke hotel untuk makan siang dan istirahat sejenak menunggu waktu asar.
Karena malam ini malam terakhir di Mekkah, setelah sholat maghrib kami sekeluarga berjalan-jalan mengitari pertokoan yang ada disekitar masjid mulai dari bindawood, masuk mall yang ada didalam hotel, hanya sekedar melihat dan membeli sedikit oleh-oleh, karena membawa barang belanjaan tidak bisa masuk masjid dears, kami sholat dihalaman masjid dan menikmati keindahan langit disekitar masjidil haram serta menyaksikan jangkrik dan belalang yang beterbangan dihalaman.

Subhanallah maha suci Allah yang menciptakan alam dan seisinya, yang memberi kuasa hidup makhluknya. Di gurun pasir, batu dan tanah yang sangat jarang ada tumbuh-tumbuhan, hidup jangkrik dan belalang yang sehat-sehat dan besar-besar.
Setelah sholat isya kami kembali ke hotel untuk makan malam dan istirahat.