Pengikut

Kamis, 24 Januari 2019

Perjalanan Umroh Muhlis Family Hari Ke-7


Ziarah Masjid Quba, Kebun Kurma, Jabal Uhud, Masjid Kiblatain

Seperti biasa hari ini kami awali dengan sholat tahajjud dan subuh di masjid Nabawi selesai sholat kami menuju restoran untuk sarapan pagi setelah sarapan mutawif mengingatkan untuk segera bersiap di lobby hotel karena jam 7.30 pagi kami akan melakukan ziarah kebeberapa tempat. Karena perjalanan awal ini akan menuju masjid Quba maka beliau menganjurkan kami untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum naik mobil, karena beliau tau masjid Quba pasti dalam kondisi ramai karena tidak terlalu besar, sedang yang berziarah sangatlah padat.
Tiba waktunya kami sudah siap masuk mobil dan menuju masjid Quba, mengapa masjid Quba, karena masjid ini adalah masjid pertama yang didirikan oleh Rasulullah SAW.

Tiba di sana kami turun mobil, foto-foto untuk dokumentasi, langsung masuk masjid menuju tempat khusus wanita lumayan berimpit dan naik ke lantai dua dengan kondisi tangga yang lumayan kecil. Alhamdulillah, bisa sholat 2 rakaat lanjut dhuha 2 salam 4 rakaat, kami turun dan keluar untuk berkumpul dengan rombongan. Setelah selesai dan beberapa orang berjalan sambil berbelanja disekitar masjid kami lanjut menuju mobil dan bersiap menuju ke kebun kurma.
Sepanjang jalan menuju kebun kurma mutawif juga menjelaskan tentang pahala sholat di masjid Quba seperti yang tertuang dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang telah bersuci (berwudhu di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba lalu shalat di dalamnya dua rakaat, maka baginya sama dengan pahala umrah." (Sunan ibn Majah).



Tiba di kebun kurma dan tempat penjualan kurma, mutawif juga memberitau bahwa jika ingin makan kurma dipersilakan sepuasnya asal tidak masuk kantong, karena jika masuk kantong harus langsung membayar ke kasir. Setelah puas berjalan, mencicipi dan berkeliling serta membeli kurma Ajwa kami santai sejenak diluar. Karena kali ini bukan musim kurma, hingga tidak banyak ditemukan kurma muda pesanan teman yang konon katanya bisa menyuburkan kandungan. Selesai berbelanja kami langsung kembali menuju bis untuk melanjutkan ziarah ke jabal Uhud.



Mengapa jabal uhud? Karena disana terdapat makam para syuhada yang dimakamkan karena wafat saat pertempuran melawan para kafir. Tiba di sana, kami melihat banyak jamaah naik ke bukit yang berada dekat dengan jabal Uhud dan kami lanjut ke pemakaman, setelah berdoa dan mendengar kisah yang disampaikan mutawif, kami berkeliling sebentar sambil melihat pedagang yang banyak menawarkan daganhannya fisekotar tempat itu.
Selesai ziarah kami hari ini, kami masuk ke hotel dan melewati masjid Kiblatain, tapi tidak berhenti hanya melihat dan segera kembali ke hotel karena khawatir tidak dapat berjamaah dzuhur di masjid, namun alhamdulillah setengah jam sebelum tiba waktu sholat, kami sudah sampai, masuk hotel sejenak untuk bersiap-siap menuju masjid.


Sore hari semua program travel sudah selesai, kami sekeluarga menyempatkan diri untuk berkeliling, melihat toko-toko disekitar masjid, masuk ke wilayah mall Bindawood hanya untuk santai dan minum es krim, setelah foto-foto kami kembali ke hotel untuk bersih-bersih dan bersiap untuk sholat maghrib.
Karena malam ini malam terakhir mutawif mengingatkan untuk mengemas barang dan mengeluarkannya dari kamar hotel sebelum sholat subuh.

#ODOP
#estrilookcommunity
#tantanganmenulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar