Pengikut

Kamis, 31 Januari 2019

Ikrar Santri Upaya Menjaga Intekektual, Agama , Ibadah dan Akhlak Santri


Ikrar Santri
1. Kami wajib mentaati perintah Allah dan Rasul
2. Kami wajib menghormati guru sebagai pengganti orang tua
3. Kami berusaha sekiat tenaga menuntut ilmu pengetahuan dan mendakwahkan ke masyarakat dimana kami berada
4. Kami wajib mengamalkan Islam kapan dan dimana kami berada

Ini bunyi ikrar santri yang setiap hari Senin dibaca oleh seluruh santri bahkan harus dihapal. Bukan hanya sekedar bacaan dan hafalan ikrar ini dibuat memiliki banyak tujuan yang utama adalah mempersiapkan santri  menjawab tantangan kehidupan dunia dan akhirat.

Secara rinci apa tujuan yang ingin dicapai oleh pondok ini setidak nya ada 4 tijuan besar

1. Penanaman Aqidah

Ini sangatlah penting, agar mereka benar-bebar dapat meyakini agama yang meteka anut dan menjalankan perinta agama dengan lebih baik, karena santri kami berasal dari latar belakang yang berbeda mungkin masih ada diantara sekian banyak mereka yang belum maksimal penanaman aqidah orang tua terhadap anaknya, untuk itu pondok berkewajiban untuk menanamkan aqidah dalam diri santri sejak dini.
2. Unsur Akhlak terhadap Guru

Penekanan yang kami berikan kepada santri adalah guru sebagai pengganti orang tua. Agar mereka tidak merasa bahwa menuntut ilmu dipondok kurang kasih sayang ortunya, karena mereka tetap memiliki orang tua yaitu para ustadz dan ustadzah. Selama dipondok setiap problem yang mereka hadapi diselesaikan bersama para ustadz ebagai orang tua mereka. Ustadz berkewajiban membangunkan, membimbing, mendidik bahkan merawat mereka ketika sakit.

3. Unsur Da'wah dan Muamalah

Berusaha sekuat tenaga menuntut ilmu pengetahuan, kalimat ini adalah implementasi dari selogan pondok" man jadda wa jada" barang siapa yang bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu yang diberikan selama di pondok maka akan merasakan hasil yang maksimal untuk masa depan dikemudian harinya. Setelah mendapatkan ilmu itu maka para santri berkewajiban untuk menyampaikan kemasyarakat dimana dia dilahirkan agar implementasi dari setiap ilmu yang didapat akan menjadi amal sholeh dan bekal mereka diakhirat.

4. Unsur Ibadah

Setiap hari santri selalu di ajarkan semua amalan-amalan agama, mulai dari paling ringan hingga yang paling berat, dari yang wajib hibgga yang sunnah. Dengan harapan mereka sudah terbiasa dengan amalan itu, walau pada awalnya berat, karena mungkin di rumah orang tua tidak terlalu memberi penekanan pada anak untuk menjalankan sholat misalnya, dengan pembiasaan yang diberikan dipondok harapannya mereka tidak akan pernah meninggalkan amalan yang wajib bahkan menambah dengan yang sunnah, setiap waktu dan dimana saja mereka berada.

Semua ini setidaknya menjadi upaya pondok untuk mempersiapkan santri agar mereka menjadi pemuda yang benar-benar siap menjalani kehidupan, persiaoan yang dilakukan tidak hanya kemapuan intelektual namun yang terpenting adalah penanaman karakter yang baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar