Pengikut

Kamis, 31 Januari 2019

5 Destinasi Wisata Di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Study Wisata Sekolahmu


Saya memang orang yang sangat senang wisata dan  terkadang membawa siswa siswi ikut menikmati, mengapa? Karena menurut saya banyak manfaat yang bisa di ambil dari kegiatan wisata itu.

1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
Wisata adalah bagian dari pembelajaran kontekstual, karena anak-anak bisa mempelajari sesuatu secara langsung, tidak hanya sekedar teori yang didapat dari buku atau guru.

2. Menambah Pengalaman

Dengan berkunjung ketempat-tempat baru akan menambah pengalaman siswa, pepatah mengatakan "pengalaman adalah guru terbaik".Dan pengalaman itu tidak bisa di hargakan dengan uang yang kita keluarkan.

3. Menghilangkan Kejenuhan

Rutinitas belajar terkadang membuat lelah dan jenuh sesekali otak perlu diisi dengan suasana yang baru, jadi wisata salah satu cara untuk mengurangi rasa jenuh itu.

Tidak perlu jauh membawa anak-anak rihlah, tapi sesekali boleh juga keluar daerah bahkan keluar pulau.

Saya pernah mengajak siswa siswi wisata ke Bandung. Mengapa ke Bandung? Karena menurut saya banyak wisata yang bisa kita pilih dan menurut saya ada beberapa tempat yang sangat bagus dan cocok  untuk membawa anak-anak wisata sekaligus belajar atau istilah kerennya study tour.

1. Museum Geologi

Tujuan wisata study tour biasanya tidak jauh-jauh juga dari yang namanya museum. Di Bandung ada salah satu museum yang bisa dikunjungi untuk keperluan wisata maupun study tour yaitu Museum Geologi, yang merupakan salah satu museum tua di Bandung. Bangunan museum ini sendiri sudah ada sejak tahun 1928 yang lalu. Di dalamnya ada banyak koleksi. Kami bisa mendapati fosil maupun bebatuan kuno. Koleksi tersebut juga dilengkapi dengan penjelasan mengenai bencana alam yang berhubungan dengan ilmu geologi.


2. Sasana Budaya Ganesha ITB

Berada ditempat ini banyak hal yang dapat dipelajari oleh siswa siswi terutama tekhnologi yang berkaitan dengan listrik dan materi yang lain dalam ilmu fisika.
Yang pertama kami kunjungi adalah Science Gallery, ruang wisata iptek gedung Sabuga Bandung ini adalah sebuah ruangan yang berisi berbagai alat peraga iptek yang sangat banyak seperti captured shadow, Flow Motion, Large Kaleidoskop, Wire dan Buzzer, Angular Momentum, Parabolic Mirror, Chaotic Pendulum, Space Scale, Bottle Lightning, Jacob’s Ladder, Momentum Chair, Fun House Mirror, Hot Hands serta Large Pole Pattern. Saya dan anak-anak mencoba berbagai alat itu.  Berikutnya Ada juga Dome Theatre, Inilah teater tiga dimensi bentuknya seperti sebuah kubah. Di dome theatre ini ada akan disuguhkan banyak film dokumenter dan film ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan serunya jika masuk ke ruangan ini dan melihat pertunjukan film, selain pemahaman  akan bertambah akan iptek, juga  akan dibawa masuk seperti  benar-benar di dalam film tersebut.


3. Museum Konfrensi Asia Afrika

Berada di museum ini serasa ikut serta dalam konfrensi tersebut, siswa disuguhkan berbagai macam peninggalan sejarah saat indonesia berkeemlatan untuk menjadi penyelenggara konfrensi internasional, dan mereka juga akan disuguhkan film yang berkaitan dengan pelaksanaan film tersebut di ruang yang sudah disediakan petugas.


4. Wisata Alam Tangkupan Perahu

Wisata alam ini sangat tidak membosankan, saya sudah 3 kali berkunjung bersama anak-anak, teman kantor dan siswa siswi. Wisata alam tangkupan perahu memiliki nuansa yang sangat alami karena berada di pegunungan yang sebenarnya masih aktif, aroma belerang masih tercium, serta udara yang lumayan dingin. Senang dan betah berlama-lama menikmati indah dan suhu pegunungan di tempat wisata ini.


5. Wisata Alam Air Panas Ciater

Lokasi wisata pemandian air panas Ciater berada di lereng gunung Tangkuban Perahu, tepatnya di tepi Jalan Raya Subang. Wisata kebun strawberry dan dikelilingi perkebunan teh yang asri. Kesegaran udara gunung dan pemandangan indah di sekeliling pemandian air panas ini membuatnya cocok sebagai tempat wisata.


Sangat mengesankan dan semoga suatu saat bisa kembali lagi ke sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar