Pengikut

Selasa, 04 Desember 2018

Si Hijau Labu Siam, Sayur yang Memiliki Banyak Khasiat Untuk Kesehatan


Pernah makan labu siam, Dears? Pasti pernah lah ya, karena selain enak labu siam ini banyak sekali manfaatnya, walau tidak sepopuler sayur yang lain tapi dari pucuk, batang hingga buahnya memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan.

Khusus buahnya, bisa diolah berbagai macam cara, mulai dari hanya direbus untuk lalapan, dilodeh, ditumis bahkan labu siam ini bisa dijuz namun harus dicampur dengan buah-buahan yang lain seperti apel.

Adapun kandungannys, Dears, labu siam kaya akan serat, antioksidan, zat besi, mangan, fosdor, seng, potassium, tembaga, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C. Labu siam juga kaya akan kandungan folat yang membantu pembentukan sel dan sintesis DNA. Selain itu, sayuran ini juga nyatanya mengandung sejumlah kecil antioksidan poliponon, aglikon, flavonoid yang sangat penting dalam membantu memerangi radikal bebas dan spesies oksigen reaktif . Dan yang penting juga sayur ini tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh dan  salah satu jenis sayuran yang rendah kalori. Dari kandungan tersebut mari kita intip 5 fakta dari labu siam yang  bermanfaat untuk kesehatan

 1. Untuk diet

Seperti jenis labu yang lainnya, labu siam ini merupakan sayuran yang mengandung kalori yang sangat rendah, labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sama sekali. Sayur ini juga mengandung serat yang cukup tinggi, inilah yang membuat labu ini menjadi bahan makanan yang disarankan bagi kalian yang sedang ingin menurunkan berat badan sekaligus menjaga kadar kolesterol, cukup rutin menkonsumsinya satu hari satu buah labu siam, tapi tentunya dengan pola makan  dan olah raga yang juga diatur dengan baik.

2. Untuk menjaga kulit agar awet muda

Labu siam merupakan sayuran dengan kandungan flavonoid  dan vitamin C yang cukup baik. Flavonoid di dalam labu siam dapat membantu tubuh untuk melawan zat-zat berbahaya bersifat reaktif sehingga bisa membahayakan bagi tubuh. Flavanoid juga memberi manfaat pada kesehatan kulit kita. Salah satunya mencegah terjadinya penuaan dini. Kulit yang terpapar polusi memang menyebabkan kulit menjadi mudah kusam dan mengalami penuaan yang lebih cepat. Maka dari itu Flaavanoid akan meregenerasi kulit dan mengencangkan juga menghilangkan kerutan akibat penuaan dini. Si hijau ini  juga sumber vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan,  antioksidan adalah zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain menangkal radikal bebas, sama dengan flaavanoid, kandungan vitamin C dalam labu siam juga membantu mencegah kerusakan kulit penyebab penuaan dini.

3. Untuk Mencegah Anemia

Kurang darah atau anemia, Dears? Ini biasa terjadi pada ibu hamil tapi mungkin juga kita yang kurang zat besi dan vitamin B2. Labu siam ini sangat baik untuk mencegah anemia terutama pada ibu hamil karena mengandung dua unsur tersebut, yang mampu merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

4. Untuk Menghindari Hipertensi

Kandungan yang terdapat dalam labu siam, Dears, sangat baik untuk menghindari darah tinggi dan menghindari serangan jantung dan strok. Karena memiliki sifat diuretik yang ringan dan dapat mencegah radikal bebas yang terdapat dalam tubuh jika dimakan secara rutin.

5. Untuk Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan pada labu siam bisa mengikat radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh,  radikal bebas ini jika tidak diperhatikan maka bisa memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, kandungan antioksidan yakni apigenin dan juga luteolin. Dua jenis antioksidan ini bermanfaat untuk melawan dan membersihkan radikal bebas penyebab kanker yang ada di dalam tubuh kita. Itu sebabnya jika kalian mengonsumsi labu secara rutin bisa membantu mencegah tumbuh kembang sel kanker dalam tubuh.

Jadi, Dears, labu siam si hijau mungil ini memiliki banyak khasiat jika dikonsumsi cukup satu buah secara rutin setiap hari dan saran cara memasaknya tidak menggunakan santan, untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar