Pengikut

Minggu, 04 November 2018

Ayo Coba 3 Lauk Khas Kalimantan Barat Yang Bikin Makan Tak Mau Berhenti


Sering makan dengan kondisi nasi masih hangat diiringi lauk yang maknyus dears? Pastinya sering ya,  mari intip 3 lauk yang mungkin belum pernah dirasa didaerah lain tapi boleh di coba dears.

1. Tempoyak

Tempoyak ini dears lauk yang dibikin dari durian yang dicampur garam difermentasikan. Tempoyak biasanya di masak dengan cabe paling nikmat disantap dengan nasi panas dan ikan. Tidak perlu takut mulut kalian bau durian setelah menyantap sambal durian ini dears,  karena setelah difermentasi, aroma durian yang menyengat tidak akan kuat lagi aromanya. Tempoyak bisa di olah dengan cara yang bermacam- macam bahkan bisa dicampur untuk memasak ikan sungai atau ikan laut. Bisa dimasak langsung dicampur ikan teri atau udang. Rasanya maknyos tidak percaya ayo dicoba

2. Pedak

Lauk ini terbuat dari udang rebon juga dipermentasi. Makanan tradisional ini bisa dimasak dengan cara hanya dengan ditumis tanpa  minyak sedikit beberapa menit dan memberi  bawang merah dan cabe atau ditumis dengan minyak sedikit beri bawang dengan menyampurkan perasan jeruk sambel, cabe lalu siap untuk dimakan dengan nasi hangat, rasanya dears luar biasa, susah berhenti makan. Lauk ini sering disajikan untuk menu makan saat acara antar pakkattan acara satu hari sebelum acara pernikahan.



3. Botok

Tau botok dears, botok adalah lauk yang terdiri dari ikan yang di bungkus daun, botok  berbahan dasar ikan. Bentuk botok hampir menyerupai masakan pepes ikan namun rasanya berbeda bahannya juga beda. Yang membedakan botok ikan Kalbar dengan botok ikan dari daerah lain di Nusantara adalah botok  dibungkus dengan daun mengkudu biasa ditambah daun singkong serta bumbu dasar  yang khas  dengan aroma daun kesum yang sulit ditemukan didaerah lain.


Bagaimana dears, tidak percaya silakan coba dijamin tak mau berhenti makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar